Rekomendasi Mainan Anak Usia 5 Bulan Terbaik

58 Likes

Share

mainan anak usia 5 bulan

Mainan Anak Usia 5 Bulan – Saat anak baru menginjak beberapa bulan pertama dalam hidup, dan tentunya bermain menjadi bagian yang cukup penting pada masa eksplorasi si kecil. Anak akan secara aktif menggunakan kemampuan indra yang dimiliki untuk dapat menggali pengetahuan yang menarik untuk mereka.

Dengan bermain, bayi akan berlatih untuk memiliki keterampilan yang baru, seperti menggenggam, sampai juga berguling. Tidak hanya itu saja bermain dapat menjadi momen yang krusial bagi si kecil, dan orang tua juga harus dapat memilah mainan yang tepat untuk si kecil, melihat apakah tepat mainan anak usia 5 bulan dapat dimainkan oleh usia yang lebih muda atau sebaliknya.

Juga, terdapat banyak sekali manfaat dari mainan untuk tumbuh kembang si kecil. Nah, tenang saja Anemoners, disini Anemoners bisa memilih mainan anak usia 5 bulan yang tentunya akan sangat membantu pertumbuhan si kecil.

Rekomendasi Mainan Anak Usia 5 Bulan Terbaik

Pada saat bayi memasuki usia 5 bulan, bermain adalah fase yang paling dinikmati oleh si kecil. Dan juga bermain memberikan banyak sekali manfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Interaksi yang dilakukan oleh orang tua dan anak, selain meningkatkan kualitas hubungan emosional, juga dapat melatih kemampuan motorik si kecil.

Di usia 5 bulan juga, bayi menunjukan reaksi terhadap suara yang didengar. Disini bayi akan merespon suara yang mereka dengar. Umumnya juga bayi akan mulai menggigit atau memasukan apapun ke dalam mulut. Ini normal karena masih dalam bagian eksplorasi sensoriknya.

Dan dalam hal ini orang tua memegang peran yang cukup penting, karena selain harus mengawasi si kecil dalam bermain, orang tua juga harus bisa memberikan dan memilah mainan mana yang cocok untuk si buah hati ini. Berikut ini beberapa mainan anak usia 5 bulan yang sangat Anemone Rekomendasikan.

  1. Boneka Tangan

Rekomendasi mainan anak usia 5 bulan yang pertama adalah boneka tangan. Anak bayi mempunyai skala perhatian yang rendah, hal ini membuat bayi mudah sekali teralihkan. Bayi cenderung ingin untuk menjelajahi lingkungan sekitar dan cukup sulit memperhatikan cerita.

Nah, dengan adanya boneka tangan ini, orang tua dapat menarik perhatian si kecil dan membuat mereka lebih focus dan konsentrasi. Hal ini akan membantu perkembangan fokus pendengaran si kecil. Juga dapat meningkatkan keterampilan dalam berbahasa, karena si kecil akan jauh lebih memperhatikan setiap kata yang diucapkan oleh orang tua.

  1. Soft Book

Berikutnya adalah Soft Book, terbuat dari bahan yang lebih lembut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi mainan anak usia 5 bulan. Memang pada usia 5 bulan bayi masih belum bisa memahami isi dari buku tersebut. Akan tetapi, bayi akan cenderung lebih fokus kepada gambar yang terdapat pada buku tersebut, terutama pada wajah, warna yang cerah, dan juga bentuk pola. Sedikit Fun Fact, Bayi itu sangat menyukai warna dengan kontras yang tinggi seperti merah, biru, hitam juga putih.

Orang tua yang membacakan buku untuk si kecil juga memberikan banyak sekali manfaat, mulai dari perkembangan sisi emosional si kecil, juga kemampuan sosialnya. Menurut sebuah jurnal penelitian juga, anak yang sering dibacakan buku oleh orang tuanya, akan cenderung lebih banyak mengetahui kata pada saat usia menginjak 2 tahun.

  1. Crib Toys

Mainan menggantung atau Crib Toys juga sangat cocok untuk menjadi mainan anak usia 5 bulan. Dengan adanya mainan yang menggantung di atas bayi akan menarik minat si bayi terhadap mainan tersebut. Ditambah jika mainan tersebut memiliki warna yang mencolok dan juga bentuk yang menarik.

Nantinya si kecil akan sering untuk mencoba menggapai, atau menggenggam mainan tersebut. Hal ini akan sangat membantu perkembangan koordinasi antara mata dan tangan si bayi. Umumnya juga crib toys disertai dengan suara atau musik yang menenangkan ini dapat membantu menstimulasi pendengaran bayi dan membuat si kecil dapat tidur dengan nyenyak.

  1. Mainan Musik

Indra Pendengaran menjadi Indra pertama yang dimiliki oleh anak, dan indra ini sangat penting dalam perkembangan anak. Oleh sebab itu mainan musik dapat menjadi opsi yang pas sebagai mainan anak usia 5 bulan. Musik memiliki banyak sekali manfaat untuk bayi jika didengarkan sejak usia dini, selain dapat menenangkan bayi, musik juga dapat melatih kemampuan memori si kecil.

Musik juga dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, sehingga memudahkan orang tua untuk membantu bayi tertidur pulas. Juga bayi yang lebih banyak mendengarkan musik akan melatih kemampuan mereka dalam membedakan suara.

  1. Teether

Mainan anak usia 5 bulan yang berikutnya adalah Teether. Seperti yang sempat kita bahas diatas bahwa bayi usia 5 bulan akan cenderung memasukan segala macam benda ke mulut. Nah untuk menunjang fase perkembangan ini, orang tua dapat menyediakan mainan teether, agar tidak ada benda berbahaya yang masuk ke mulut bayi nantinya.

Teether memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, hal ini mempermudah bayi dalam perkembangan otot wajah juga lidah. Karena saat memasukan benda kedalam mulut, bayi melakukan gerakan mengunyah dan gerakan lidah, hal ini membuat otot semakin kuat dan mempermudah untuk bayi dalam belajar berbicara.

  1. Cermin Mainan

Cermin juga dapat menjadi mainan anak usia 5 bulan loh Anemoners. Ternyata cermin itu sangat membantu perkembangan anak loh teman teman semua. Pada saat si kecil melihat ke cermin, si kecil akan merasa terhibur dengan adanya bayangan dirinya sendiri. Mereka akan senyum, berkedip atau melakukan gerakan gerakan tertentu. Dan hal ini dapat membantu perkembangan kemampuan bersosial dan juga emosional si kecil.

Anemoners nantinya dapat menaruh cermin mainan didepan bayi. Dengan menaruh cermin didepan bayi akan membuat bayi berada pada posisi tengkurap yang cukup lama, dengan situasi ini akan membantu memperkuat otot leher, bagu dan juga lengan bayi.

  1. Playmat

Mainan anak usia 5 tahun yang berikutnya adalah Playmat. Mainan ini sendiri juga bisa dikategrikan sebagai mainan super lengkap yang memberikan banyak sekali manfaat untuk perkembangan si bayi. Playmat memiliki tekstur yang empuk dengan berbagai model dan bentuk.

Umumnya playmat dilengkapi berbagai macam jenis mainan yang sudah menjadi satu, seperti piano, cermin dan berbagai macam mainan lain yang sudah dirancang khusus untuk si kecil. Tentu saja playmat akan memberikan peningkatan pada kemampuan sensor motorik si kecil. Akan banyak respon dan hal hal yang diterima oleh si kecil saat bermain playmat. Akan sangat membantu perkembangan si bayi mulai dari sisi emosional, kemampuan berfikir rasional, dan memperkuat sensor motorik si anak.

Baca Juga         : Metode ini Membantu Anak Membaca Lebih Cepat

Nah itu dia beberapa mainan anak usia 5 bulan yang bisa Anemoners gunakan sebagai stimulus untuk membantu perkembangan anak mulai dari motorik, sensorik dan juga emosional si anak. Namun tetap harus diperhatikan untuk memilih mainan yang tepat sesuai dengan usia si kecil ya teman teman.

Selalu perhatikan si kecil dalam masa pertumbuhan si kecil ya Anemoners, agar hubungan antara orang tua dan anak tetap kuat.

Kamu mungkin suka

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apa Itu Bimbel

Trending

Let Anemone know your thoughts!